Gerakan Serentak (Gertak) Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Desa Pulutan

pulutan 21 April 2020 13:54:03 WIB

SidaSamekta – Camat Wonosari bersama Forkompinca Kecamatan Wonosari  melakukan Gerakan Serentak (Gertak) Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Desa Pulutan Kamis, (9/4/2020).

Gertak PSN ini Meliputi 6 (Enam) desa dengan masing-masing desa diambil 1 (satu) sampel Padukuhan . Kegiatan ini melibatkan kerjasama antara Puskesmas, Polsek, Koramil, KUA, Desa, dan kader PSN di desa.

Untuk saat ini dusun sampel di Desa Pulutan dilaksanakan di Padukuhan Pulutan, Setelah dilaksanakan PSN dapat diketahui ABJ (Angka Bebas Jentik) sbb : Padukuhan Pulutan : Sampel 35, Positif 13, ABJ 62,1%.

Kepala Desa Pulutan, Rusmiyanto, S.IP "Angka pasien DBD terus meningkat, jadi harus ada gerakan massif untuk mengantisipasi penyebarannya, di Desa Pulutan

Rusmiyanto, S.IP menekankan beberapa hal yang harus dilakukan semua pihak untuk memberantas penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), mulai dari aparatur pemerintah di wilayah, puskesmas hingga warga.

Sementara Camat Wonosari  Drs. Siswanto mengungkapkan Gertak PSN ini jika dilakukan kompak dan kontinu, persebaran DBD bisa diputus. Mengingat jang­kauan nyamuk dari sarangnya rata-rata di radius 100 meter. ‘’Kalau PSN bersamaan, nya­muk­nya tidak bisa pindah.

Selain itu, untuk mematikan ke­beradaan jentik nyamuk ter­deteksi, dia berharap di setiap rumah ada Juru Peman­tau Jentik (jumatik) yang me­meriksa tem­pat bersarangnya nyamuk. Se­hingga pemberan­tasan nyamuk dimulai dari masing-masing keluarga atau rumah dan seko­lah. Mereka akan berkolaborasi dengan ju­mantik yang berasal dari pus­kesmas setiap tiga bulan sekali.

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Pulutan

tampilkan dalam peta lebih besar