Bersih Desa Di Masa Pandemi COVID 19

pulutan 22 Juli 2020 13:12:34 WIB

Sidasamekta - Bersih desa merupakan salah satu upacara adat jawa yang diselenggarakan setelah para petani panen padi. Hal ini dimaksudkan untuk mengungkapkan rasa syukur karena tanaman padi telah berhasil dipanen dan telah menghasilkan panenan yang memuaskan.

Biasanya bersih desa di Kalurahan Pulutan dilaksanakan setiap hari Senin Pahing antara bulan Juni – Agustus dengan berbagai tontonan kesenian dan pada puncak malam bersih desa ada wayang kulit. Sesuai jadwal yang sudah diputuskan Panitia Bersih Desa pada rapat pertama bahwa bersih desa dilaksanakan tanggal 15 Juni 2020. Namun karena terkendala dengan adanya wabah corona maka berdasarkan hasil rapat panitia kedua  untuk pelaksanaan bersih desa disepakati untuk kirim doa  pada tanggal 20 Juli 2020 secara sederhana di Padukuhan masing-masing.

Pamong Kalurahan sendiri di balai kalurahan melaksanakan doa bersama yang dihadiri Bhabinkatimas, Babinsa, Ketua Panitia, Ketua Lembaga Desa dan Magersari. Acara doa dipimpin oleh Mbah  Warno  menyampaikan tujuan doa dengan berbagai olahan makanan dan pelengkapnya yang telah disiapkan. Makanan olahan dan pelangkapnya tersebut antara lain sego liwet sambel gepeng, tumpeng golong, ambengan, jenang abang putih, jenang katul, jenang baro baro, nasi gurih, dan jajanan pasar. Mbah Warno menyampaikan dalam doanya supaya Pamong Kalurahan dalam mengemban tugasnya dapat jujur, tentram, selamat dan begitu juga dengan warga masyarakat Kalurahan Pulutan supaya hidup rukun, selamat dan sejahtera. Tak lupa juga ada makanan berupa tolak balak yaitu jenang katul yang diberi warna hitam yang tujuannya supaya wabah corona segera berakhir dan warga masyarakat dapat hidup sehat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Pulutan

tampilkan dalam peta lebih besar