Bimtek Pelatihan Pengoperasian Aplikasi E -HDW kepada Kader Pembangunan Manusia (KPM) dan Peningkata

pulutan 23 September 2020 13:57:21 WIB

Sidasamekta - Sesuai Surat Edaran Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Nomor 13 Tahun 2020.
Lurah Kalurahan Pulutan Bp. Rusmiyanto, S.IP membuka acara Bimtek Pelatihan Pengoperasian Aplikasi E -HDW kepada Kader Pembangunan Manusia (KPM) dan Peningkatan Kapasitas Kader di Kalurahn Pulutan Kapanewon Wonosari , dengan menghadirkan Pendamping Desa, UPT Puskesmas 1 Wonosari, Koordinator PLKB Kapanewon Wonosari, dan Panewu Wonosari, Rabu (23/09/2020).

Lurah Pulutan Rusmiyanto mengungkapkan Sehubungan dengan di terapkannya aplikasi e-HDW ini diharapkan kepada Kalurahan untuk pelaporan data, dengan adanya aplikasi mobile ini Kalurahan dapat lebih cepat dalam pelaporan,” ucap Lurah Pulutan

Ia menjelaskan aplikasi eHDW dan Indeks Desa Membangun (IDM) akan terintegrasi dengan sistem informasi EPPGBM ( Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat).

“Akan menjadi dasar dalam penetapan lokal Kalurahan prioritas (Kalurahan Merah Stunting ) dan rekomendasi intervensi lintas sektor,” jelasnya.

Lebih lanjut Lurah menambahkan, cakupan menu aplikasi eHDW meliputi data data fasilitas desa. Contohnya polindes, PAUD, posyandu, air bersih dan sanitasi serta penerima manfaat.

Panewu Wonosari yang pada kesempatan ini di wakilkan oleh Jawatan Kemakmuran Kapanewon Wonosari Bp. Wasdani, S. IP mengungkapkan Aplikasi Human Development Worker (eHDW) yang merupakan aplikasi seluler berbasis android sebagai alat bantu kerja Kader Pembangunan Manusia (KPM) dalam melakukan pendataan sasaran rumah tangga 1000 HPK (Hari Pertama Kelahiran) dan pemantauan 5 paket layanan pencegahan stuntunting di Kalurahan.

Koordinator PLKB kapanewon Wonosari mengungkapakan Masalah yang sering terjadi pada remaja saat ini pertama anemia, lalu terlalu kurus dari anak-anak sampai remaja, terlalu gemuk Maka remaja, terutama yang saat ini berada di generasi milenial, harus mendapatkan akses edukasi terutama soal pendidikan mengenai gizi seimbang dan kesehatan pungkasnya.

Pendamping Desa secara langsung untuk melaksanakan bimtek pelatihan pengoperasian Aplikasi E-HWD ke semua kader yang dapat digunakan untuk memperoloh data real time dan informasi secara akurat karena membantu desa memfasilitasi pencegahan stunting.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Pulutan

tampilkan dalam peta lebih besar